11 saham IPO terbaru yang melantai di bursa pada periode 1 – 10 Agustus 2023 mengalami pergerakan yang bervariasi. Dalam perdagangan sesi I tanggal 22 Agustus 2023, terdapat beberapa saham dengan perubahan harga signifikan. Saham Humpuss Maritim Internasional (HUMI) mengalami koreksi terparah, turun 14,73% menjadi Rp 191/saham. Saham Minahasa Membangun Hebat (HBAT) dan Lupromax Pelumas Indonesia (LPMX) juga mengalami penurunan signifikan, masing-masing turun 9,80% dan 9,43%. Di sisi lain, saham ITSEC Asia (CYBR) mengalami kenaikan paling besar, naik 6,86% menjadi Rp 218/saham.

Dalam satu minggu terakhir, saham PT Multisarana Intan Eduka Tbk (MSIE) mengalami penurunan terparah, yaitu 30,14%, diikuti oleh PT Minahasa Membangun Hebat Tbk (HBAT) yang turun 24,59%. Kedua saham ini bahkan sudah berada di bawah harga penawaran umum perdana (IPO) dan harga psikologis Rp 50 per saham.

Keberhasilan saham IPO terbaru juga dipengaruhi oleh kinerja keuangan dan tujuan IPO. Banyak emiten melakukan IPO untuk membayar utang dan kewajiban lainnya, yang dapat mempengaruhi minat investor. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperbolehkan penggunaan hasil IPO untuk membayar utang jika tercantum dalam prospektus dan tidak melanggar aturan prosesnya.

Namun, banyaknya saham IPO yang masuk ke dalam papan akselerasi membuat beberapa investor merasa kurang tertarik. Hal ini dapat berdampak pada performa saham IPO di pasar.