Web page ini membahas tentang contoh-contoh algoritma dalam ilmu komputer dan kehidupan sehari-hari. Istilah algoritma terkait dengan teknik pemecahan masalah dalam komputasi. Algoritma digunakan dalam ilmu komputer untuk memecahkan masalah dari yang sederhana hingga kompleks seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin.

Contoh algoritma dalam ilmu komputer mencakup:

  1. Pencarian Binary: Metode untuk mencari elemen dalam daftar yang sudah diurutkan dengan membandingkan elemen tengah dan membagi daftar menjadi dua bagian.
  2. Fibonacci: Deret angka yang digunakan dalam algoritma dan pemrograman.
  3. Pencarian Linear: Algoritma yang mencari elemen dalam kumpulan data dengan menginspeksi satu per satu elemen dalam urutan linear.

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari meliputi:

  1. Merencanakan Tur: Proses merencanakan perjalanan dengan mempertimbangkan faktor seperti lokasi, waktu kunjungan, transportasi, tempat wisata, dll.
  2. Menyelesaikan Tugas: Langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas, seperti mencari informasi yang tepat sebelum menjawab pertanyaan.
  3. Merencanakan Acara: Proses merencanakan acara dengan mempertimbangkan waktu, anggaran, tema, dan detail lainnya.

Artikel ini menunjukkan bagaimana algoritma tidak hanya berkaitan dengan komputer dan matematika, tetapi juga menggambarkan langkah-langkah yang diikuti dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.