Judul: Sebentar Lagi 2024, Yakin Kesehatan Keuangan Anda Sehat?

Ringkasan:
Artikel ini membahas pentingnya memeriksa kesehatan keuangan dan memberikan lima rasio yang dapat digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan pribadi. Bulan Agustus 2023 mendekati akhir, dan pembaca diajak untuk memeriksa kondisi keuangan mereka seiring berakhirnya kuartal III tahun ini. Artikel menyoroti bahwa banyak aktivitas seperti konser, hari raya, dan lain-lain yang telah menguras biaya sejak Januari hingga Agustus 2023.

Lima rasio yang disajikan dalam artikel ini adalah:

  1. Rasio Likuiditas: Mengukur kesiapan keuangan dalam menghadapi kondisi darurat. Dibandingkan dengan pengeluaran rutin bulanan, aset lancar harus 3-6 kali lebih besar.
  2. Rasio Kemampuan Bayar Utang: Mengukur kemampuan membayar utang. Idealnya, pembayaran utang tiap bulan sebaiknya 25%-30% dari total pendapatan.
  3. Rasio Biaya Terhadap Pendapatan: Membandingkan biaya kebutuhan sehari-hari dengan pendapatan bulanan. Rasio ini sebaiknya kurang dari 1 atau 100% agar dapat menabung dan berinvestasi.
  4. Rasio Tabungan: Mengukur seberapa besar nilai tabungan dibandingkan dengan pendapatan setahun. Rasio ini sebaiknya sekitar 10%.
  5. Rasio Solvabilitas: Mengukur sensitivitas keuangan terhadap kebangkrutan. Rasio ini sebaiknya sekitar 35%.

Selain itu, artikel menyarankan untuk memiliki asuransi sebagai perlindungan ketika terjadi kejadian tak terduga yang dapat mengganggu produktivitas. Artikel juga menekankan pentingnya menabung untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan finansial di masa depan.

Artikel ini berfokus pada pentingnya pemantauan dan perencanaan keuangan pribadi agar tetap sehat dan stabil menghadapi berbagai situasi ekonomi.